Wednesday, March 7, 2012

Kompleksitas Sistem IT



Terlihat mudah dan simple tapi sebenarnya kompleks, itulah sistem IT.

Sistem IT sendiri terdiri dari Hardware, Software dan Brainware yang saling berkaitan satu sama lain sehingga membentuk suatu kesatuan untuk mengoperasikan tujuan yang sama.
Inilah yang membuktikan bahwa sistem IT ini merupakan suatu hal yang kompleks.

Contoh lainnya, seperti sistem keamanan jaringan, kita membutuhkan username dan password untuk mengakses jaringan tersebut. Kita pasti pernah mengalaminya, apabila username benar tapi password salah maka kita tidak dapat mengaksesnya, begitu juga hal sebaliknya.
Contoh di atas merupakan contoh yang positif karena kompleksitas sistem tersebut mengamankan jaringan tanpa menyusahkan pengguna.

Namun ada kalanya kompleksitas sistem IT menjadi menyusahkan pengguna, yaitu multi-biometric systems (fingerprint, iris, face, voice or palm print identification). Jika kita mengalami luka atau gangguan pada bagian tubuh tersebut maka kita tidak bisa mengakses jaringan. Menyusahkan bukan.. >_<

Mungkin kalau kita bahas satu persatu contoh yang lain tidak akan ada habisnya..

Intinya adalah kompleksitas dari sistem IT ada positif dan negatif-nya, yaaa.. jadi kita harus pintar - pintar memilih teknologi apa yang akan kita gunakan nantinya.. ^o^

1 comment: