Wednesday, August 10, 2011

Harapan Saya Terhadap SI/TI Nasional



Era sekarang dikenal dengan era informasi, makin berkembang SI/TI suatu negara maka makin majulah negara tersebut.  Ambil salah satu contoh-nya dari negeri sakura (Jepang) yang selalu terdepan dalam perkembangan SI/TI, seharusnya negara kita bisa belajar banyak tentang SI/TI dari negara tersebut.
Menurut saya, Perkembangan SI/TI di Indonesia bisa dibilang tidak merata. Kenapa? mungkin pemerintahan kurang peduli terhadap wilayah-wilayah lain dan hanya fokus pada pulau jawa saja. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan minimnya SDM SI/TI yang siap pakai, tetapi yang ada hanyalah SDM yang siap training. Sehingga pemerintah mencoba untuk fokus mengembangkan SI/TI di pulau jawa dulu yang notaben-nya sebagai pusat perekonomian negara.
Harapan saya terhadap SI/TI Nasional adalah sebagai berikut :
“Dengan cara mengadakan seminar-seminar IT agar masyarakat tidak buta tentang dunia IT”
“Memperluas jangkauan ISP ke seluruh wilayah Indonesia. Tentunya dengan didukung oleh bandwidth yang cepat dan harga yang terjangkau”
“e-learning, mewajibkan mata pelajaran IT menjadi standar mata pelajaran untuk SD – SMA. Dengan begitu nantinya para calon-calon SDM, baik IT maupun yang lain bisa membangun negara ini menjadi lebih maju dari sebelumnya”
“Menghimbau pemahaman masyarakat umum tentang manfaat yang diperoleh dari penggunaan SI/TI. Karena selama ini masyarakat umum memandang bahwa penggunaan SI/TI masih belum terlalu penting”
Begitulah menurut saya mengenai harapan SI/TI Nasional. Intinya harapan tersebut kembali lagi kepada pemerintah, apakah mereka ingin mengembangkannya atau tidak. Sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang ada hanyalah mau atau tidak mau.
Saya yakin kok, banyak orang di pemerintahan (perwakilan rakyat) yang berpikiran untuk memajukan Indonesia ke-depan dalam bidang SI/TI. Permasalahannya adalah…
“THEY KNOW WHAT TO DO, But THEY DON’T DO WHAT THEY KNOW”
Yap benar, “mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, tetapi mereka tidak melakukannya”
Mungkin karena kepentingan pribadi semata atau alasan-alasan lainnya. Padahal kalau saja pemerintah kita tanggap dan langsung “ACTION”, bukan hal yang mustahil negara kita bisa menjadi negara maju menyaingi Jepang dan USA.

No comments:

Post a Comment