Wednesday, August 3, 2011

The Future of IT



Seiring berjalannya waktu, akhirnya era industri berganti menjadi era informasi, itulah yang terjadi sekarang ini.

Tentunya pergantian era tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini. Revolusi itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Analog dengan revolusi pertanian, revolusi Industri, revolusi digital menandai awal era Informasi.

Perubahan ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.

Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia, lahirnya berbagai macam teknologi digital yang semakin maju telah banyak bermunculan. Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses suatu informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali. Tetapi di sayangkan semakin berkembangnya teknologi justru semakin banyaknya kejahatan yang terdeteksi. Maka dari itu segala sesuatunya harus memiliki perlindungan hak cipta dan mengontrol anak-anak dan remaja khususnya. Begitu banyak game online yang menyebabkan kerusakan mental anak saat ini, pornografi dan pelanggaran hak cipta pun banyak dilanggar.

Mungkin kutipan di atas adalah sejarah teknologi dari awal sampai saat ini.

Apabila anda bertanya kepada saya, “Apa yang terjadi pada teknologi di masa depan?” saya akan menjawab, “era informasi akan berkembang menjadi era robotic, yang mana semua pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia nanti akan dikerjakan oleh robot.”

Setelah membaca apa yang saya jawab, saya yakin anda juga berpikiran sama dengan saya. Kenapa? karena saya menghipnotis anda, hahaha.. maaf bercanda dikit.. XD

Alasan saya menjawab seperti itu dikarenakan perkembangan teknologi dunia memang mengarah ke situ, dan contohnya pun sudah banyak. Salah satunya yaitu robot dari sebuah negara yang terkenal dengan miyabi-nya, ups salah.. maksudnya mie ramen-nya.. yap benar, Jepang. Robot dari jepang tersebut sudah dapat menyerupai manusia, robot ini memiliki nama yaitu Actroid-F berat 30 kg dan tinggi 140 cm. 
Jika ingin melihatnya anda bisa search di youtube.

Setelah melihat, anda mungkin bingung kenapa bisa begitu cepat perkembangan teknologi saat ini. Padahal anda mikir smart-phone sekarang yang bisa bekerja selayaknya komputer dan bentuknya begitu tipis saja masih bingung, ditambah lagi sudah ada robot yang mirip manusia.

Ya.. itulah teknologi, perkembangannya lebih cepat dibandingkan kenaikan gaji karyawan.. XD

Intinya semua yang anda lihat sekarang adalah berawal dari mimpi manusia itu sendiri, kita sudah tahu bahwa film-film kartun sudah mendahului cerita tentang robot. Padahal pada saat film tersebut ditayangkan, robot belum diciptakan.

Terakhir dari saya, segala sesuatu tidak ada yang mustahil di dunia ini. Apa yang anda impikan bisa terwujud asal anda mempercayainya dengan sepenuh hati dan fokus berusaha untuk mewujudkannya.  ^o^

4 comments:

  1. Apabila anda bertanya kepada saya, “Apa yang terjadi pada teknologi di masa depan?” saya akan menjawab, “era informasi akan berkembang menjadi era robotic, yang mana semua pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia nanti akan dikerjakan oleh robot.”

    terus...menusia untuk bertahan hidup dengan apa?? apakah yang tadinya pekerja akan menjadi pengemis atau bagaimana??

    ReplyDelete
  2. @Reza : untuk awal teknologi robotic ini digunakan untuk pengganti pembantu, pemasangan mesin, bahkan untuk membuat mie ramen.. yg saya sebutkan tentunya sudah ada di jepang sana.

    info aja nih.. untuk membeli robot ini harganya masih mahal. So, ga semua warga jepang beli tuh robot.. apalagi warga negara berkembang seperti di indonesia??

    trus maksudnya era robotic itu, bukan semua pekerjaan nanti robot yg kerjakan, tapi cuma beberapa pekerjaan saja.
    And ujung-ujung-nya, tujuannya pasti untuk militer.

    ReplyDelete
  3. kira-kira menurut sudara ojan, mungkin gak sih nanti teknologi bakal menemui kebuntuan gak sih??

    ReplyDelete
  4. @ruvinus : pertanyaan anda sangat luar biasa..
    menurut saya pribadi, itu tergantung dari manusia-nya sendiri.. apabila merasa cukup, mungkin teknologi bisa mengalami kebuntuan.. tetapi jika masih belum puas, teknologi akan terus berkembang..

    contohnya gampang saja.. dulu ada sebagian orang yang merasa cukup dengan berkendara dengan kuda.. tapi ada sedikit orang yg belum merasa puas.. sehingga terciptalah mobil dan motor..
    begitu juga dengan masa depan.. ^o^

    ReplyDelete