Tuesday, July 19, 2011

GO Data, GO!



Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering mendengar kata “data” entah dari politik, bisnis, teknologi dsb. Secara harfiah, Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Nah, berarti data dapat berupa tulisan atau citra (photo, video, image, dsb).

GO Data, GO! merupakan bentuk kampanye kepedulian terhadap data yang menurut saya sangat bagus dan harus di-sharing-kan.

Dalam bidang IT, bentuk kampanye ini bisa sebagai himbauan agar kita lebih hati-hati terhadap data-data kita. Kenapa? karena menurut saya, 80% masyarakat di Indonesia kadang memiliki sifat narsisme yang berlebihan dibandingkan dengan negara lain. Padahal kepedulian terhadap privacy data pribadi itu penting. Korbannya pun sudah banyak, dari kalangan pelajar, artis, sampai pejabat.

Namun, hal tersebut dapat diantisipasi apabila kita peduli terhadap data yang kita miliki. Dengan kepedulian terhadap data sendiri dan merapikannya, niscaya hal tersebut dapat terhindar.

Selanjutnya, bentuk kampanye ini juga berguna dalam hal-hal yang lain. Misalnya dalam mengatasi perbaikan jalan, redundansi ktp, beasiswa untuk pelajar yang jenius, santunan anak yatim, warga jalanan, korban bencana alam, dll. Bisa sampai 1 buku nanti kalau masalah Indonesia saya tuliskan semua di sini.

In My Humble Opinion, semua masalah tersebut pasti bisa teratasi asal kita memliki data yang akurat dan terpercaya. Apabila datanya belum ada, segera buatlah datanya. Saya yakin, apabila sudah ada datanya masalah tersebut akan lebih mudah ditanganinya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sharing-kan, intinya dari beberapa hal yang saya tuliskan diatas adalah contoh konsekuensi apabila kita ceroboh dan tidak peduli terhadap data pribadi sehingga dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab dan manfaat dari data untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Indonesia tercinta ini.

Terakhir dari saya, semoga masyarakat kita yang dikenal ramah ini tersadar untuk menerapkan kampanye Go Data, Go! sehingga membuat Indonesia menjadi Negara yang maju dan lebih baik lagi.

10 comments:

  1. hmm..ternyata data itu penting juga yaa..

    ReplyDelete
  2. @azh_raft iya, emang penting banget.. korbannya seperti foto di atas.. tapi gpp sih.. klo menyegarkan mata.. hhe..
    GO Data GO!

    ReplyDelete
  3. sekedar info menyangkut contoh yg disebut diatas, KTP, "e-KTP" akan segera jadi lho. jadi nanti gak ada lagi 1 orang punya bbrapa KTP. hehee.

    ReplyDelete
  4. data emang penting,apalagi keakuratan data'a..
    sbg contoh diatas e-KTP agar mencegah 1 org memiliki lbh dr 1 KTP,dan contoh yg sudah populer dgn penting'a keakuratan data adalah tentang keaslian poto pribadi public figure kita yg sering diumbar2 di dunia maya..

    ReplyDelete
  5. gak penting gan datanya, yang penting cewe yang diatas no hpnya berapa yah gan??

    ReplyDelete
  6. @Anonymous hahahha bisa aja nih agan yg satu ini..
    ga bisa liat yg bening dikit.. ^o^

    ReplyDelete